Memperingati dan mengenal Hari Buruh Internasional (MayDay)

Memperingati dan mengenal Hari Buruh Internasional (MayDay)

HARI BURUH 1 MEI (May Day)

1 Mei merupakan hari dimana kaum buruh merayakan aksi untuk memperingati dan mengingatkan kaum buruh sadar akan identitas kelas. Perjalanan hari buruh internasional sangat panjang yaitu 134 tahu yang lalu tepatnya pada tanggal 1 Mei 1886 di Amerika, 200.000 buruh Amerika turun kejalan untuk melakukan mogok masal menuntut perbaikan jam kerja yang sebelumnya 19 jam kerja menjadi 8 jam kerja.

Hasil dari solidaritas kaum buruh menghasilkan beberapa hak bagi kaum buruh diantaranya ; (1) Hak untuk cuti, (2) Hak delapan jam kerja, (3) hak untuk berserikat, (4) Hak untuk mendapatkan hari libur, (5) Hak untuk kesehatan, (6) Hak kesetaraan gaji antara laki-laki dan perempuan.

Di Indonesia sendiri mulai memperingati hari buruh terjadi pada 1 Mei 1920, namun hari buruh Indonesia pernah mengalami masa mati suri yaitu pada saat Presiden Sueharto berkuasa dimana saat itu hari buruh diangap sebagai budaya kaum komunis sehingga pada 1 Mei pada saat Presiden Kedua Indonesai tersebut berkuasa tidak ada hari libur,

Hari Buruh di Indonesia kembali diperingati setelah rezim orde baru turun, sejak tahun 1999 Mayday diperingati kembali di Indonesia hingga saat ini.

Author Image
admin