Mengenal Fungsi Tersembunyi Dari Meteran

Mengenal Fungsi Tersembunyi Dari Meteran

Mengenal Meteran

            Siapa yang tidak kenal alat satu ini, hampir semua orang tau alat ini minimal pernah melihatnya di bengkel, di toko bahan bangunan di proyek, bahkan dirumah. Apalagi kita sebagai seorang yang menggeluti dunia konstruksi Teknik sipil maupun arsitek pasti sudah tidak asing lagi dengan benda ini. Alat ukur satu ini sering kita sebut meteran atau tape measure.

            Meteran bangunan pada umumnya terbuat dari pelat besi dan memiliki notasi satuan metrik yang biasanya berupa meter, centimeter, dan inci yang tentunya sdah mengikuti standar yang sudah berlaku. Untuk panjangnya alat ukur satu ini berfariasi ada yang 3 meter, 5 meter, 8 meter, bahkan 100 meter untuk meteran dengan bahan kain.

            Dalam pengunaanya tape measure/ meteran yang bahan terbuat dari pelat besi memiliki beberapa tools yang mungin dari sebagian besar kalian yang pernah mengunakanya tidak memahami dan tidak tahu fungsi-fungsi dari beberapa bagian pada meteran tersebut. Pada artikel ini kita akan membahas apa saja tools yang berada pada meteran, dan apa saja kegunaanya kenapa dibuat ?

            Baiklah mari kita mengulik apa saja dan bagaimana kegunaan dari alat satu ini :

  1. Gerigi pada ujung meteran ( pada besi)

Pada ujung meteren berbentuk gerigi dibuat bukan untuk hal estetik biar keren, bukan itu tujuan pembuat meteren, tujuan meteran dibuat bergerigi adalah agar kamu berada di laoangan dan kamu mau melakukan penandaan pada satu titik dan kamu tidak membawa alat tulis sepidol dataupun pena kamu bias mencoret pada titik itu dengan grigi yang sengaja dibuat pada kepala ujung meteren. Hal ini bias kita lakukan apabila titik yang akan kita buat berupa kayu ataupun beton, namun ketika kita mengukur besi tentunya harus mencari pensil dulu.

  • Lubang pada ujung meteran  (pada besi)

Yang kedua lubang pada kepala meteran juga memiliki fungsi khusu, lubang tersebut dibuat tentunya untuk memudahkan kita pada saat kita melakukan pengukuran seorang diri tidak dibantu siapapun, fungsi dari lobang itu adalah agar kita saat mengukur dapat mencantolkan kepala meteran pada kayu maupun baut yang ada di lapangan sehingga kita dapat melakukan pengukuran seirang diri dengan gampang.

  • Ujung meteran yang longgar

Yang terahir adalah ujung meteran atau kepala meteran yang longgar. Pada kasus ini tentunya pasti banyak dari teman-teman semua yang tidak mengetahuinya atau bahkan kita berfikir bahwa meteran itu rusak atau sudah soak itu kalo udah kita pakai sering dan kita baru sadar ketika kita memegangnya, nahhh yang lebih membuat terkejut adalah ketika kita sedang berbelanja meteran kita menemukan meteran yang kepalanya sudah longgar.

Perkiraan diatas tentunnya salah memang pada ujung meteran atau kepala meteran dibuat longgar hal ini tentunya ada tujuanya. Jika kita perhatikan pada ujung meteran memeng sengaja di buat longgar hal itu berfungsi agar apa yang kita ukur data ukurannya sesuai dengan kondisi yang ada atau falid.

Jika kita perhatikan dan kita ukur mengunakan caliper pada kepala ukuran pelat besinya adalah 1 mm. jika kita lihat ujung dari meteran metrik atau agka yang ada 0.02 mm. nah fungsinya dalah ketika kita sedang mengukur dengan ditarik adalah kepala memberikan jarak sebesar 0,1 mm sehingga urutan metriknya benar, sedangkan ketika kita mengukur dengan cara menekan atau pada sudut maka kepala meteran akan tertekan masuk nah pada saat tertekan itu besi pada kepala meteran tebalnya 0,1 maka akan memberikan jarak yang benar.

Begitulah tools yang ada pada meteran yang tentunya jarang kita ketahui, cukup membantu kan tulisan kali ini, kadang memang ada hal-hal kecil dan sepele yang ada di sekitar kita yang belum kita ketahui. Semoga tulisan ini mencerahkan kita akan fungsi dan trik dari tools yang ada pada meteran sehingga ketika kita melakukan pengukuran menggunakan alat yang satu ini kita tahu fungsi dan kegunaanya sehingga tidak akan salah dan sesuai dengan fungsi yang sebenarnya dari alat ini.

Author Image
admin