Apa Itu Building Informatic Managemen ( BIM ) APLIKASI BARU WAJIB UNTUK ANAK TEKNIK

Apa Itu Building Informatic Managemen ( BIM ) APLIKASI BARU WAJIB UNTUK ANAK TEKNIK

Zona Sipil.Com Era saat ini dimana teknologi semakin berkembang, semakin banyak arsitek, insinyr Teknik, dan kontraktor juga mengikuti tren untuk memanfaatkan teknologi yang erus berkembang, saat ini banyak dari arsitek, insinyur, dan Kontraktor mengunakan BIM ( Building Informatic Managemen), itu karenan tren global yang semakin berkembangnya dunia teknologi supaya pekerjaan pekerjaan yang berada pada bidang bangunan juga dapat efisien.

BIM atau Building Informatic Modeling adalah proses berbasis model cerdas yang menghubungkan para profesional pada bidang bangunan untuk merancang, membangun, dan mengoperasikan  gedung dan infrastruktur secara lebih efisien, melalui BIM (Building Informatic Modeling). Denan BIM, desainer membuat model 3D digital yang menyertakan data yang terkait dengan kaakteristik fisik dan fungsional.

Kekuatan BIM adalah bagaimana hal itu memungkinkan arsitek, insinyur, dan Konraktor untuk berkolaborasi pada model yang terkordirnasi, memberikan wawasan yang lebih baik kepada semua orang tentang bagaimana pekerjaan mereka cocok dengan proyek secara keseluruhan, pada akhirnya membantu pekerjaan agar lebih efisien.

Data dalam modeling mendefinisikan elemen desain, dan menetapkan perilaku dengan hubungan antara komponen model.  Jadi, ketika elemen dalam model diubah, setiap tampilan diprbarui dengan perubahan baru yang muncul di bidang elevasi, dan tampilan lembar.

Kita dapat mengunakan informasi dalam model, untuk meningkatkan desain anda sebelum mengubah. Kita dapat mengunakan dukungan dan persetujuan yang lebih cepat dengan visualisasi yang realistis. Selain itu kita jug dapat menyampaikan niat desain ke lapangan dan yang paling penting adalah kita dapat mempertahankan kecerdasan model ke konsep konstruksi.

BIM akan memberikan wawasan tentang konstrabilitas desain, meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari fase konstruksi, dan juga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bangunan dalam operasi dan pemeliharaan ada masa yang akan datang.

Pemilik ( owner)  dapat menunakan BIM untuk pemeliharaan prediktif, pelacakan aset dan manajemen fasilitas, dan untuk proyek renovasi atau dekonstruksi masa depan. Keika kia bekerja mengunkan BIM, kita akan mengalami pengurangan resiko proyek, peningkatan waktu dan penghematan biaya, dan hasil dari proyek akan lebih baik lagi.

 

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.