Fakta- Fakta Pembangunan Jembatan Holtekamp, Metode Pertama di Indonesia

Fakta- Fakta Pembangunan Jembatan Holtekamp, Metode Pertama di Indonesia

Zona Sipil.com – Berbicara mengenai jembatan pasti sudah tidak asing lagi bukan, karena jembatan memang ranah dari Ilmu Teknik Sipil. Sesuai dengan Proyek strategis nasional yang di gagas oleh pemerintahan tahun 2018 untuk membuat infrastruktur-infrastruktur untuk menunjang kehidupan ekonomi dan juga sosial, tahun 2018 telah di buat jembatan holtekamp di Jayapura. Pada pembangunan proyek infrrastruktur ini berbeda degan yang lainya karena metode yang di lakukan dalam pembangunan Jembatan ini Bentang jembatan di kerjakan tidak di lokasi jembatan tersebut di bangun.

Yaa, pada pembangunan infrastruktur ini memiliki metode yang berbeda yaitu metode strand lifting (full span) , karena bentang utama jembatan tersebut di buat di surabaya yang berjarak 3200 Kilometer dari kota Jayapura. Proses pembuatan rangka jembatan di kerjakan oleh PT PAL Indonesia.

Pada pengerjaan bentang yang di lakukan di surabya ternyata sudah mencapai 95 % sehingga ketika sampai di Jayapua maka tingal yang 5 % lagi yaitu proses pembuatan pelat lantainya. Jembatan holtekamp memiliki panjang 732 Meter dimana panjang jembatan utama yaitu 400 meter.

Uang yang di gelontorkan oleh Kementrian PUPR untuk pembuatan jembatan utama mencapai 858 miliar dan itupun baru mencapai 83.9 % dari semua anggaran, Anggaran yang di gunakan untuk pembangunan tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN).

Pada proyek jembatan holtekamp ini di kerjakan oleh beberapa kontraktor selain PT PAL ada kontraktor-kontraktor lain diantaranya PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk, PT Hutama Karya (persero) tbk, dan PT Nindya Karya.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.